"Humble"

Tanpa kerendahan hati, manusia takkan belajar apapun, selain kesombongan saat merasa dirinya sudah cukup baik, bijak, pintar. Ukuran menentukan ‘perasaan’ tersebut dapat dilihat saat menghadapi perubahan, lihat bagaimana reaksinya. Panik? Cemas? Takut? Jika YA, kita perlu merendahkan diri untuk belajar.

See More »

Your are here: Home / Share with Us

Bukan Kesendirian Yang Membuat Orang Depresi, Tetapi Kesepian.

Share with Us | 0 Komentar

Ada orang yang tetap merasa kesepian saat ada di lingkungan ramai. Ada juga yang tak pernah kesepian walau sedang sendiri. Bukan faktor ada/tidak ada orang, tapi kemauan membuka diri terhadap lingkungan. Karena pada dasarnya tak pernah ada orang yang kesepian jika ia mampu memenuhi kebutuhan psiko-sosialnya secara mandiri dan dewasa.

Sabtu kemarin saya sempatkan bertemu beberapa teman SMP di Tegal. Sejak pagi hingga menjelang malam ternyata tidak membuat saya puas. Bagaimanapun saya harus pulang Bandung malam itu juga. Tapi ada rasa senang bisa berkumpul walau tidak banyak. Di dalam kereta pun rasanya ingin masih bersama mereka.

Saya berusaha sebisa mungkin melepas gadget dari tangan (kecuali upload foto ke medsos). Saya amati ketidakmampuan manusia untuk lepas dari gadget membuat kemampuan psiko-sosial mereka mandeg. Hilang kemampuan berkata-kata, bergurau, karena dikuasai bahasa tulisan -bukan lisan. Padahal dalam bermasyarakat yang terpenting ialah bahasa lisan.

Itulah yang akhirnya membuat orang enggan untuk berkumpul karena merasa tak pandai berkata-kata dan mulailah merasa sering kesepian. Alih-alih mendekatkan ke lingkungan sosial, manusia jenis ini lebih suka curhat dengan medsos, sehingga kemampuan berinteraksi menjadi sangat terbatas.

So, buat yang gadget-freak, jika Balties tak mau merelakan lepas gadget saat kumpul dengan teman-teman, proses isolasi diri menjadi kesepian tengah berlangsung. Jadi walau di tengah kerumunan, Balties bisa saja kesepian yang akhirnya menimbulkan stres.

Gunakan panca indera Anda untuk memperkaya manusia spiritual dan sosial Anda untuk hidup di alam nyata, bukan untuk menjadi manusia canggih berteknologi tapi hidup dalam dunia maya. (ysw) soulartist

Sumber Foto: cdn2.tstatic.net

Komentar :


Media Sosial

Ikuti kami

About Us

New Comments

cantik ????...
Nama: mama rempong di Adell Si Cantik Yang Penuh Percaya Diri

Good......moga sukses slalu...
Nama: Rhychy di Adell Si Cantik Yang Penuh Percaya Diri

I love you sexy lady ... ????...
Nama: Mary di Adell Si Cantik Yang Penuh Percaya Diri

Contact Us