10 Tempat Wisata di Solo

Kota Solo atau disebut juga Surakarta adalah sebuah kota berlokasi strategis di provinsi Jawa Tengah. Karena lokasinya yang strategis dan berada di tengah-tengah jalur darat, kota Solo ramai dikunjungi orang yang dalam perjalanan menuju kota lain untuk singgah sejenak. Selain untuk tempat singgah, Solo juga mempunyai tempat wisata yang menarik. Yuk kita telusuri ada apa sajakah di kota Solo.

See More »

Your are here: Home / Travel

Desa Penglipuran, Bali Salah Satu Desa Terbersih di Dunia

Travel | 0 Komentar

Balties, pasti sebagian sudah pernah mendengar tentang desa Penglipuran ini atau bahkan sudah pernah menjejakkan kaki di desa yang sangat bersih dan indah ini yang berada di Bali, kecamatan Bangli, kabupaten Bangli. Jika ada yang belum pernah tahu, saatnya mengetahui desa ini. Berdasarkan hasil survey oleh media luar negeri, pada tahun 2016 ini Desa Penglipuran menjadi satu dari tiga desa yang dinobatkan menjadi desa terbersih di dunia bersanding dengan Desa Giethoorn di Belanda dan Desa Mawlynnong di India. Desa ini selain bersih, memiliki nilai budaya yang tinggi melalui rumah tradisional kuno khas Bali. Dengan udaranya yang sejuk dan lingkungannya yang asri Desa Penglipuran menjadi salah satu objek wisata yang paling populer di pulau Dewata.

Nama Penglipuran memiliki makna sebagai leluhur karena di sana terdapat Pura Pengeling. Berdasarkan mitologi pura tersebut dijadikan sebagai tempat penyembahan untuk para leluhur.Desa ini juga menjadi tempat sejarah karena ada monumen pahlawan yang ditempatkan di Curayudha Hall, di mana waktu zaman Belanda kapten Anak Agung Anom Muditha mati saat perang Bangli.

Ada sekitar 200 rumah bergaya tradisional di desa ini. Semuanya berderet rapi di jalanan menanjak. Jalanan dibuat dari batu alam dan banyak tumbuh bunga warna-warni di sekitar desa. Motor dan mobil dilarang masuk ke desa ini sehingga Penglipuran bebas dari polusi udara. Nah, hal lain yang bikin wisatawan betah adalah kebersihannya. Desa yang terletak di jalan Penglipuran, Desa Kubu, Bangli, ini, dijamin bersih. Tak ada satu pun sampah yang terlihat di sana. Selain itu semua, desa Penglipuran memiliki keharmonisan kehidupan masyarakatnya. Hubungan manusia dengan lingkungan serta manusia dengan Tuhan, sangat terjaga dengan baik di desa tersebut.

Rumah dari utara ke selatan sangat cantik. Saat pertama kali masuk, Anda akan melihat rumah Bali yang mewakili Gunung Agung. Setiap struktur begitu seimbang dari mulai bentuk hingga ukuran.Sementara itu, dapur umum bisa ditemukan di gedung ke enam yang juga menjadi tempat upacara. Di sana mereka juga punya Teba area sebagai tempat penyimpanan sayur mayur yang tidak bisa ditanam di ladang kering. Seluruh rumah di desa ini dibangun dengan menggunakan Bambu. Sebab, di kawasan inilah bambu terbaik diproduksi.

Sistem sosial di desa Penglipuran berbeda dengan desa modern. Di sana dipimpin oleh komunitas Bendesa/Kelian/Penyarikan, di mana warga lebih memercayai komunitas kepemimpinan di sana. Ada 12 jenis grup yang mengatur sistem sosial dan para warga mempercayai semua grup di sana.

Balties penasaran? Kalau kebetulan sedang ada di Bali, tak ada salahnya mampir ke Penglipuran. Saat menjejakkan kaki di sana, dijamin Balties tidak akan lelah berjalan kaki karena udaranya sejuk, alamnya sangat indah dan asri membuat tentram hati siapa pun yang berkunjung kesana. Balties harus mampir untuk merasakan sensasi berwisata di salah satu desa terbaik dunia ini. (tly)

Sumber Foto: kompas.com

Komentar :


Media Sosial

Ikuti kami

About Us

New Comments

cantik ????...
Nama: mama rempong di Adell Si Cantik Yang Penuh Percaya Diri

Good......moga sukses slalu...
Nama: Rhychy di Adell Si Cantik Yang Penuh Percaya Diri

I love you sexy lady ... ????...
Nama: Mary di Adell Si Cantik Yang Penuh Percaya Diri

Contact Us