"Humble"

Tanpa kerendahan hati, manusia takkan belajar apapun, selain kesombongan saat merasa dirinya sudah cukup baik, bijak, pintar. Ukuran menentukan ‘perasaan’ tersebut dapat dilihat saat menghadapi perubahan, lihat bagaimana reaksinya. Panik? Cemas? Takut? Jika YA, kita perlu merendahkan diri untuk belajar.

See More »

Your are here: Home / Share with Us

HENING

Share with Us | 0 Komentar

Pada malam hari yang sepi atau di tempat yang sepi, kita lebih mudah mendengarkan suara yang tak pernah bisa terdengar jelas saat di tempat ramai. Bunyi jangkrik, detak jam, pesawat yang tengah melintas di angkasa, serta suara lain yang bisa kita rasakan saat dalam keheningan. Tak ada suara gangguan yang menghalangi terdengarnya suara-suara itu.

Seperti itu juga manusia, yang begitu disibukan berbagai pikiran sehingga kadang mengabaikan hati nuraninya dan berbohong pada diri sendiri. Fisik terlalu diforsir, pikiran terus diputar demi mengejar kehidupan sebelum mati, perasaan terus memburu berbagai hasrat yang kadang tidak  kita dibutuhkan. Hal itu mengakibatkan kelelahan yang berdampak pada kemampuan mendengarkan diri sendiri dan tidak peka terhadap kebutuhan lingkungan; karena kebutuhan diri saja tidak peka, bagaiman bisa peka terhadap orang lain?

Manusia perlu berdiam dalam hening, mendengarkan isi hatinya, mendengarkan kata tubuhnya, termasuk mendengarkan suara Tuhan, kehendakNya, yang akan lebih mudah terkoneksi saat kita belajar untuk hening dan menenangkan diri. Itu sebab di hampir semua kepercayaan dan keyakinan, ada momen dimana kita menyucikan diri, mengosongkan diri agar kualitas diri yang lama digantikan kualitas yang baru. Bukan hanya wadah (fisik) nya yang baru, tapi yang penting ialah isinya. Kualitas hati yang terus diperbarui sehingga tertampilkan kualitas sosok pribadi yg benar-benar baru.

Kita tak hanya menambalkan secarik kain yg baru ke kain yg lama / mengisi anggur baru ke wadah yg lama; karena hanya membuat kain bisa semakin sobek / kualitas anggur baru itu menjadi rusak.

Latih diri untuk hening, terkoneksi dengan Sang Khalik. Jangan menipu dan menyiksa diri dengan berbagai hal yang bukan kehendakNya. Kenali suara hati kita, suara Sang Khakik, agar mengurangi stres akibat memforsir fisik, pikiran & perasaan yang jika diikuti takkan ada habisnya. 

Apa yang Sang Khalik katakan? IA selalu berbisik jelas dalam keheningan diri. (ysw) soulartist 

Sumber foto: pecandulukaa.com

Komentar :


Media Sosial

Ikuti kami

About Us

New Comments

cantik ????...
Nama: mama rempong di Adell Si Cantik Yang Penuh Percaya Diri

Good......moga sukses slalu...
Nama: Rhychy di Adell Si Cantik Yang Penuh Percaya Diri

I love you sexy lady ... ????...
Nama: Mary di Adell Si Cantik Yang Penuh Percaya Diri

Contact Us