Kesalahan Terbesar Saat Mengkonsumsi Cemilan

Hai Balties, pasti kalian suka dengan cemilan. Kali ini kami menyajikan tentang kesalahan terbesar saat mengkonsumsi cemilan, supaya Balties tidak salah lagi. Ada dua kesalahan terbesar dalam mengkonsumsi cemilan sehari-hari.

See More »

Your are here: Home / Health

Jahe Merah "Si Pedas yang Dapat Menyembuhkan Penyakit"

Health | 0 Komentar

Balties tahu dong dengan si pedas Jahe. Tapi kali ini kami akan mengulas tentanng jahe merah yang berkhasiat menyembuhkan penyakit selain sebagai bumbu dapur. Jahe merah, jahe jenis ini ukurannya kecil-kecil dan warnanya kemerah-merahan. Kandungan minyak asitri pada jahe merah sangat banyak bila dibandingkan dengan  jahe putih sehingga rasanya juga sangat pedas dibanding jahe jenis lain.

Jahe merah mudah tumbuh ditempat terbuka dan tempat-tempat yang agak ternaung seperti kebun yang memiliki tekstur tanah kering maupun gembur dengan ketinggian 0-900 meter diatas permukaan laut. Jahe merah banya di temukan di negara-negara yang beriklim tropis maupun sub tropis. Khasiat rimpang jahe merah yang banyak dipublikasikan antara lain adalah sebagai antiinflamasi, anti trombbotik, antihiperglikemia, antimikroba, antiemetik, antidepresan, anti-karsinogen, dan anti tumor.

Yuk kita pelajari dahulu CIRI CIRI JAHE MERAH

Batang jahe merupakan batang semu dengan tinggi 30-100 cm. Rimpangnya berwarna merah dan lebih kecil dibandingkan jahe putih Akarnya berbentuk rimpang dengan daging akar berwarna kemerahan. Bau menyengat yang khas. Daun sempit/menyirip dengan panjang 15-23 mm. Daun lebarnya 8-15 mm. Tangkai daun berbulu halus dan memiliki panjang 2-4 mm. Bunga jahe berwarna hijau kekuningan dan tangkai putik berjumlah dua.

Jahe merah memiliki kandungan minyak asitri paling tinggi sehingga cocok digunakan untuk ramuan obat-obatan, merangsang kelenjar pencernaan dan merangsang nafsu makan. Jahe merah ini banyak dipilih karena dapat memberikan rasa pahit dan pedas lebih tinggi bila dibandingkan jahe putih. Khasiat jahe merah dipercaya untuk penyembuhan atau pencegahan berbagai macam penyakit, 10 diantaranya antara lain :

- Reumatik atau encok

- Mengobati Asma

- Migrain (kesemutan)

- Sering masuk angin

- Mengobati Influenza

- Mencegah penggumpalan darah

- Radang tenggorakan

- Gejala lambung

- Mengatasi pencernaan yang kurang baik

CARA PENGGUNAAN

Rimpang jahe merah diiris tipis-tipis kemudian dijemur dibawah sinar matahari hingga benar-benar kering, lalu dihaluskan dengan cara diblender atau ditumbuk sampai menjadi bubuk halus dan jemur kembali dibawah sinar matahari. Cara pemakaiannya ialah diseduh 1 sendok makan bubuk halus jahe merah dengan air panas ½ gelas dan diminum 2x sehari.

Khasiat jahe merah diyakini sangat mujarab sehingga cocok untuk bahan persediaan obat alami dirumah. Sebaiknya hindari minum es jika diidentifikasi terkena gejala penyakit diatas dan olah raga secara teratur agar badan selalu bugar. So, Balties boleh mencoba untuk mengkonsumsinya agar kondisi tubuh Balties terjaga.(tly)

Sumber Foto: mediamaya.net

Komentar :


Media Sosial

Ikuti kami

About Us

New Comments

cantik ????...
Nama: mama rempong di Adell Si Cantik Yang Penuh Percaya Diri

Good......moga sukses slalu...
Nama: Rhychy di Adell Si Cantik Yang Penuh Percaya Diri

I love you sexy lady ... ????...
Nama: Mary di Adell Si Cantik Yang Penuh Percaya Diri

Contact Us