"Trip to Solo Bersama Pemenang The Face of Balga"

Hai Balties! Pada tanggal 20,  21 dan 22 Januari 2017 Balgamagz mengadakan trip ke kota Solo bersama para pemenang The Face of Balga. Yuk ikuti keseruan mereka di Trip Face of Balga di Solo.

See More »

Your are here: Home / Balga FYI

Lingkungan Hidup

Balga FYI | 0 Komentar

Balties pasti tahu tentang lingkungan hidup karena kehidupan Balties sebagai manusia tidak bisa dipisahkan dari lingkungan baik secara alam mau pun sosial. Intinya semua memerlukan lingkungan. Lingkungan mempengaruhi semua yang ada di sekitar mahluk hidup. Lingkungan bisa dibedakan menjadi lingkungan biotik dan abiotik. Pastinya Balties sudah mengetahui tentang itu, kita bahas sedikit untuk mengingatkan kembali; lingkungan biotik adalah mahluk hidup di sekitar kita. Dan jika terdiri dari sesama manusia disebut lingkungan sosial yang dapat menciptakan pergaulan yang besar peranannya dalam membentuk kepribadian seseorang. Dan Abiotik adalah benda mati di sekitar kita.

Kita sering menggunakan istilah lingkungan hidup untuk menyebutkan segala sesuatu yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup semua makhluk hidup di bumi. Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda dan kesatuan makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang melangsungkan kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.

Faktor yang menyebabkan kerusakan lingkungan hidup dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu:

1. Kerusakan Lingkungan Hidup Akibat Peristiwa Alam

Kerusakan terhadap lingkungan hidup yang disebabkan oleh faktor alam. Kerusakan ini terjadi secara alami tanpa campur tangan atau peranan manusia. Meskipun terkadang manusia pun bisa menjadi pemicu awal terjadi proses kerusakan lingkungan secara tidak langsung. Seperti gunung meletus dan angin topan.

2. Kerusakan Lingkungan Hidup karena Faktor Manusia

Manusia berperan besar dalam menentukan kelestarian lingkungan hidup. Sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang berakal budi mampu merubah wajah dunia dari pola kehidupan sederhana sampai ke bentuk kehidupan modern. Namun sayang, apa yang dilakukan manusia tidak diimbangi dengan pemikiran akan masa depan kehidupan generasi berikutnya. Banyak kemajuan yang diraih oleh manusia membawa dampak buruk terhadap kelangsungan lingkungan hidup.

Kerusakan lingkungan hidup karena faktor manusia:

  • Pencemaran (pencemaran udara, air, tanah) dampak adanya kawasan industri.
  • Banjir, dampak buruk dari sistem pembuangan air dan kesalahan dalam menjaga daerah aliran sungai dan dampak pengrusakan hutan.
  • Tanah longsor,dampak langsung dari rusaknya hutan.
  • Penebangan hutan secara liar (penggundulan hutan).
  • Perburuan liar.
  • Pembuangan sampah di sembarang tempat.
  • Bangunan liar di daerah aliran sungai (DAS).
  • Pemanfaatan sumber daya alam secara berlebihan di luar batas.

So, Balties mari kita lestarikan lingkungan hidup yang kita punya ini agar terjaga keseimbangan alam ini. Karena bumi ini tempat kita berpijak, semakin banyak yang peduli akan lingkungan hidup, semakin membuat bumi ini tetap ada. (tly)

Sumber Foto: cikalnews.com

Komentar :


Media Sosial

Ikuti kami

About Us

New Comments

cantik ????...
Nama: mama rempong di Adell Si Cantik Yang Penuh Percaya Diri

Good......moga sukses slalu...
Nama: Rhychy di Adell Si Cantik Yang Penuh Percaya Diri

I love you sexy lady ... ????...
Nama: Mary di Adell Si Cantik Yang Penuh Percaya Diri

Contact Us