Bergandengan Tingkatkan Kualitas Diri

Mari bergandengan kita tingkatkan kualitas diri kita, karena masih banyak orang disekitar kita yang menyayangi dan menunggu kita menjadi inspirasinya, saling bersinergi dan melakukan hal posistif.

See More »

Your are here: Home / Inspiring Story

Monika Weber, "Designer Kebaya Terkenal yang Pantang Menyerah

Inspiring Story | 0 Komentar

Monika 39 tahun, dilahirkan di Surabaya dan besar di Bali. Dia keturunan Austria & Sunda. Monika termasuk tipe yang easy going, periang dan ‘don’t care’ dengan bully orang-orang yang memandang rendah tubuhnya yang termasuk plus size. Yang paling ia tidak suka adalah jika ada orang yang mengejeknya dengan berulang kali, biasanya ia tanggapi dengan tenang tapi tegas memberitahu orang tersebut bahwa ia tidak suka dengan itu. Dia bercerita masih banyak orang yang memandang rendah para plus size tapi dia bisa membuktikan walau dia memiliki badan plus size dia bisa ber-prestasi. Monika Weber sekarang ini adalah salah satu perancang gaun dan kebaya modisikasi yang terkenal di Bali. Dia juga memiliki patner kerja yang sehati yaitu suaminya sendiri, Stevie Martines yang selalu mendukung dia. Monika pun memiliki 2 anak yang tampan Joseph Christopher (11 thn) & Marvel Sebastian (6 thn).

Inilah kisah hidup dia yang pantang menyerah.

Usia 19 tahun setelah lulus SMK dia menimba ilmu di Susan Budiharjo lalu mencona bekerja bersama designer dari Jakarta juga mengikuti lomba-lomba untuk menjajal ilmu yang ia dapatkan.

Tahun 1996, ia bekerja sebagai designer dan disana ia banyak menambah ilmu tentang fashion. Ia pun sempat mendapatkan beasiswa dari ESMOD Jakarta (lisensi Perancis) saat itu ekonomi keluarganya sedang kurang baik apalagi ditambah kerusuhan di tahun 1997. Monika pun kembali ke Bali. Monika sempat tidak tahu apa yg harus diperbuatnya. Akhirnya dia bekerja sebagai pengajar di Adrianto Halim juga mencoba perutungannya membuat design untuk seragam. Upah karyawannya dibayar dengan upah dia sebagai pengajar.!” Usahanya ini sempat membuat perekonomiannya membaik.

Tapi  pada tahun 2000 terjadi bom Bali, menyebabkan ia mengalami kebangkrutan. Dia tak mau tinggal diam, dengan pertolongan dari ayahnya ia meminjam modal untuk membangun kembali usahanya. Lalu ia mengontrak sebuah tempat di daerah Tukad Ye Aya, Bali dengan sedikit karyawan dan tetap mengajar untuk mendapatkan uang. Dia juga tak putus asa untuk mendapatkan order dari orang. Perlahan tapi pasti usahanya itu mulai mennunjukkan hasil yaitu dengan terus bertambahnya orang yang mempercayakan Monika untuk menjahitkan pakaiannya. Sampai pada suatu ketika ada toko kain yg terbilang cukup besar saat itu mempercayakan Monika untuk menjahitkan para langganannya selama 4 tahun. Di tahun ke 2 banyak sekali yang minta dijahitkan gaun dan kebaya, walau Monika saat itu belum fasih benar tapi dia tak mau menyerah, “learning by doing” itu yang ia lakukan. Tak pernah sekali pun ia menolak permintaan para langganan. “Modal nekat saja..hahaha..  ‘” ujarnya.

Tahun 2004 dia mulai menggarap gaun dan kebaya secara serius. Sampai saat itu gaun dan kebaya modifikasinya menjadi trend & terkenal. Penduduk lokal pun banyak yang berdatangan untuk membuat busana hasil kreasi tangannya yang kreatif.

Sekarang ini Monika bekerja dengan anak-anak SMK, dia berusaha membantu dan meyakinkan mereka bahwa bisnis fashion ini menjanjikan. Ada sekitar 20-30 orang yang sedang dididik olehnya. Misi dan visinya menjadikan mereka mandiri dalam waktu 5 tahun dan agar ada regenerasi dari mereka.

Ia ingin lebih focus ke depannya untuk menciptakan busana khususnya kebaya untuk para plus size, karena sebagai seorang yang meiliki tubuh plus size ia tahu apa yg dirasakan mereka.

Monika Weber bisa membuktikan bahwa tubuh yang besar tidak bisa menghalangi jalan untuk menuju sukses. Ini sudah ia buktikan dengan namanya yang berkibar di dunia fashion. Ia berujar,”Bully itu tidak penting.. just be happy and never give up!” (tly)

Sumber Foto: okezone.com

Komentar :


Media Sosial

Ikuti kami

About Us

New Comments

cantik ????...
Nama: mama rempong di Adell Si Cantik Yang Penuh Percaya Diri

Good......moga sukses slalu...
Nama: Rhychy di Adell Si Cantik Yang Penuh Percaya Diri

I love you sexy lady ... ????...
Nama: Mary di Adell Si Cantik Yang Penuh Percaya Diri

Contact Us