"Trip to Solo Bersama Pemenang The Face of Balga"

Hai Balties! Pada tanggal 20,  21 dan 22 Januari 2017 Balgamagz mengadakan trip ke kota Solo bersama para pemenang The Face of Balga. Yuk ikuti keseruan mereka di Trip Face of Balga di Solo.

See More »

Your are here: Home / Balga FYI

Terjun ke Dunia Teknologi, Inilah Sosok Kartini Masa Kini KUDO

Balga FYI | 0 Komentar

Hi Balties, perkenalkan dua sosok Kartini modern yang dengan perannya dalam dunia teknologi, mendobrak batasan dan stigma masyarakat, membuktikkan dirinya pantas diperhitungkan!

Sabrina Nanggala, Data Engineer of KUDO

Sejak kecil, Sabrina telah terpapar ilmu teknologi, diperkenalkan oleh sang Ayah yang bekerja sebagai konsultan IT. Projek ERP untuk berbagai macam industri yang dipegang oleh ayahandanya membuat Sabrina bahkan telah mengenal istilah ERP application semenjak kecil. Hal ini menumbuhkan rasa keingintahuan tinggi terhadap dunia teknologi dan mendorong keputusan Sabrina untuk mendalam IT di bangku kuliah. Mengenal ilmu coding untuk aplikasi dan website, ilmu data, hingga pemodellan matematika dan simulasi, Sabrina menemukan dirinya lebih tertarik terhadap ilmu analisis dan pengolahan data karena dianggap lebih menantang, yang apabila diformulasikan dengan algoritma yang tepat data dapat membantu manusia memprediksi masa depan.

Tantangan bekerja di dunia teknologi? 

“Masyarakat memiliki stigma bahwa pria lebih kompeten untuk posisi di bidang data, karena pria dianggap lebih mampu berfikir secara logis, sedangkan wanita cenderung menggunakan perasaan. Meskipun memang hingga sampai saat ini pria masih mendominasi bidang teknologi, saya bersyukur masih ada perusahaan seperti KUDO yang tidak memandang masalah gender dalam menerima karyawan. Divisi saya tidak pernah memandang gender dalam pembagian tugas dan apresiasi kerja!”

Apa Makna Kartini Techno untuk Anda?

“Semangat juang R.A Kartini memberi ilham kepada saya bahwa untuk mengembangkan diri di bidang yang didominasi kaum pria, Kartini modern tidak lantas harus mengabaikan identitas sebagai perempuan.” 

Apa quote Kartini favoritmu?

“Hanya dengan mengingat perjalanan hidupnya R.A Kartini saja, sudah kembali menambah semangat saya untuk hidup menembus batas. Ketahui nilaimu, dan ambil resiko!” 

 

Amanda Phitryani, UI/UX Designer of KUDO

Perempuan yang biasa dipanggil Manda, 25 tahun, adalah sosok wanita muda dalam dunia teknologi dengan perannya sebagai desainer UI/UX di perusahaan KUDO. Secara berkala ia menciptakan tampilan aplikasi yang menarik namun tetap userfriendly dengan mengacu pada standard desain material yang ada. Salah satu hal kecil yang ia lakukan adalah mengatur jutaan aset ikon dalam aplikasi KUDO dengan menggunakan format SVG atau Scalable Vector Graphics, untuk menghasilkan ukuran APK(Android Package Kit) beresolusi kecil namun tetap tajam.

Tantangan bekerja di dunia teknologi?

“Kebanyakan masyarakat memandang sebelah mata desainer UI/UX perempuan karena dianggap tidak dapat menghasilkan kreasi sebaik laki - laki; tidak rapi, tidak terorganisir. Sudah sering saya dengar cerita bahwa, meskipun seorang perempuan berhasil mendapat pekerjaan di bidang tersebut, limitasi karir lambat laun akan menjadi batu rintangan yang akan dihadapi suatu saat nanti. Apalagi di perusahaan teknologi yang sering menganggap talenta luar lebih berkualitas dari talenta lokal. Saya beruntung tidak mendapat diskriminasi seperti ini di KUDO.”

Apa Makna Kartini Techno untuk Anda?

“Di dunia teknologi Indonesia dimana laki - laki dan orang asing dianggap lebih kompeten, kisah R.A Kartini membentuk pola pikir saya bahwa saya juga berhak mengenyam pendidikan setinggi mungkin untuk membuktikan kepada dunia bahwa ada perempuan Indonesia yang pantas diperhitungkan!.”

Apa quote Kartini favoritmu?

“Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri” - RA Kartini

Itulah Balties, dua sosok Kartini modern KUDO yang dengan perannya dalam dunia teknologi.

Komentar :


Media Sosial

Ikuti kami

About Us

New Comments

cantik ????...
Nama: mama rempong di Adell Si Cantik Yang Penuh Percaya Diri

Good......moga sukses slalu...
Nama: Rhychy di Adell Si Cantik Yang Penuh Percaya Diri

I love you sexy lady ... ????...
Nama: Mary di Adell Si Cantik Yang Penuh Percaya Diri

Contact Us